Sabtu, 04 April 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Pendidikan Agama Islam SMA/MA

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 
( R P P )

Nama Sekolah : SMA/MA .............................
Mata Pelajaran  Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester X / 1
Waktu 6 x 45 menit
Aspek Aqidah


A. Standar Kompetensi
3.  Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna.

B. Kompetensi Dasar
3.1  Menyebutkan 10 sifat Allah  dalam Asmaul  Husna.
3.2  Menjelaskan arti  10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna.
3.3  Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan 
Karakter Bangsa
– Mampu  menyebutkan arti  sifat Allah.
– Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
– Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
– Mampu  menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia
– Mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
– Mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
– 
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.


Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
– Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
– Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
– Percaya diri (keteguhan hati, optimis). 
– Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). 
– Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) 
– Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D. Materi Ajar (Materi Pokok)
– Asmaul Husna :
- 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna
– Asmaul Husna :
- 10 Asmaul Husna dan artinya
– Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 Asmaul  Husna

E. Metode Pembelajaran: 
– Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F. Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
– Mampu  menyebutkan arti  sifat Allah.
– Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
– Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
– Mampu  menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia
– Mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
– Mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.

G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
– Siswa mengamati buku sumber yang berkaitan pengertian sifat-sifat Allah.
– Bertanya jawab tentang arti 10 sifat Allah dalam asmaul husna.
– Siswa menganalisis buku sumber yang berkaitan dengan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
– Menjabarkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
– Mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
– Menerapkan perilaku yang mencerminkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran. 
Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán 
Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna
Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
· Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca tentang 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna?
· Pernahkah kalian membaca 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna?
· Siapakah diantara kalian yang sudah hafal 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna?
Guru menunjuk seorang siswa yang sudah pernah mengetahui tentang 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna untuk memberikan opininyakepada teman-temannya di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.                                                                                                                                                                                                                                     
- Guru menjelaskan tentang 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna yang salah satunya terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 163 :
ö/ä3ßg»s9Î)ur ×m»s9Î) ÓÏnºur ( Hw tm»s9Î) žwÎ) uqèd ß`»yJôm§9$# ÞOŠÏm§9$# ÇÊÏÌÈ   
“Dan Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”.



Eksplorasi
Selanjutnya siswa menyebutkan sifat Allahyang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 163  dengan berpedoman kepada Al Qur’an dan terjemahan-nya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru.  
Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti Sifat Wahid  kepada siswa.
Setelah selesai guru menjelaskan 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna yang lain.
Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna.
Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna   secara berkelompok.
Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Konfirmasi
10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna  banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti manusia adalah makhluk Allah yang mulia dan mampu melakukan segala sesuatu yang baru namun dibalik semua itu Allahlah  Yang Berkuasa dan Yang Menentukan . Jika direnungkan, betapa besar ketergantungan kita kepada-Nya.

c. Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna  sebagai penutup materi pembelajaran.
Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna .
Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H. Penilaian
– Tes perbuatan (Performance Individu)
– Tes tertulis

I. Bahan/Sumber Belajar
– Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI 
– Buku pelajaran PAI SMA kelas I

J. Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Allah SWT memiliki Sifat Wahid, arti Wahid adalah 
Esa 
2.
لا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ Arti penggalan ayat tersebut adalah........

Tiada sekutu bagin-Nya, dan demikian itulah…
3.
Perilaku yang mencerminkan kepasrahan bahwa hanya Allahlah Tuhan yang wajib disembah tanpa terkecuali. Adalah cerminan sifat Allah ….. 

Wahid
II. Tes Sikap
No.
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1. 
Ibadah seharusnya selalu diniatkan mencari Ridlo Allah dengan Keikhlasan dan selalu memurnikan niat.




2.
Allah Yang Berkuasa dan Yang Menentukan .




3.
Apakah akan aku jadikan pelindung selain dari Allah yang menjadikan langit dan bumi, padahal Dia memberi makan dan tidak memberi makan.





dst
……………………………………………….




Keterangan :                          Skor Tes Sikap:
SS = Sangat Setuju = 50
S = Setuju = 40
TS = Tidak Setuju = 10
STS = Sangat Tidak Setuju = 0

III. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
apa yang dilihat;
laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
laporan dari orangtua murid atau siswa.
...............,...................



Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi



IRVAN ABASYA
NIM : 201111180734

Tidak ada komentar:

Posting Komentar